Peringati Sumpah Pemuda, Civitas MIN 1 Kota Malang Persembahkan Karya Literasi

  • 28-10-2019 / 16:59 WIB
  • Kategori:Advertorial,Sekolah
Peringati Sumpah Pemuda, Civitas MIN 1 Kota Malang Persembahkan Karya Literasi SEMANGAT: Kepala MIN 1 Kota Malang. Drs. Suyanto, M.Pd bersama jajaran guru membakar semangat para siswa.

Malangpostonline.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda di MIN 1 Kota Malang menjadi momentum bagi siswa, guru dan karyawan untuk berkarya. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10) kemarin, MIN 1 Kota Malang menggelar beberapa perlombaan yang berarah pada penguatan literasi.

Kelas 1 dan 2 lomba mewarna dalam cerita. Sesuai nama lombanya siswa bercerita sambil mewarna. Kelas 3 dan 4 lomba cipta dan baca puisi dengan tema kebangsaan dan nasionalisme. Siswa kelas 5 dan 6 lomba cerpen tiga paragraf (Certigraf) dengan tema bebas. Sedangkan untuk lomba guru dan karyawan yaitu lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan tema bebas, bisa berisi pesan moral, puisi atau prosa.

MERDU: Siswa-siswi MIN 1 Kota Malang menampilkan lagu kebangsaan dan lagu daerah saat memeriahkan Hari Sumpah Pemuda

 

Ketua Panitia, Idha Fitriani, M.Pd,. mengatakan bermacam jenis perlombaan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan literasi di lingkungan MIN 1 Kota Malang. Tidak hanya siswa tetapi juga guru dan karyawan. 

Selain juga untuk mendukung program Kantor Kemenag Kota Malang dalam memperkuat literasi, dengan nama program 1000 karya dari pegawai Kemenag. "Maka semuanya kita libatkan dengan bermacam jenis lomba yang berarah pada literasi," katanya.

Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda MIN 1 Kota Malang tahun ini berbeda dari tahun lalu. Tahun ini lebih fokus pada karya civitas akademika. Dengan tema 'Menjunjung tinggi Bahasa Indonesia merajut karya'.

Karya-karya hebat siswa MIN 1 Kota Malang yang menjadi juara ditampilkan dalam pohon literasi yang ada di depan mushala madrasah. Karya tersebut dipajang untuk bisa dinikmati oleh orang lain.

Idha mengatakan penilaian terhadap karya-karya tersebut dilakukan sejak tanggal 21 Oktober selama tiga hari. Nama para juara diumumkan saat upacara Sumpah Pemuda. Mereka mendapat penghargaan berupa buku, sertifikat dan uang dari komite.

Dan untuk mendukung program literasi yang lebih maksimal, MIN 1 Kota Malang juga mengadakan program sudut baca. Di setiap kelas terdapat satu rak kecil berisi buku-buku bacaan yang diletakkan di sudut kelas. Dekorasi sudut baca dibuat seindah mungkin dengan aneka hiasan. "Dalam hal ini kami melibatkan paguyuban orang tua siswa yang begitu antusias mendukung program ini sehingga kelas tampak lebih indah," tuturnya.

RAJIN: Sudut baca yang ada di setiap kelas MIN 1 Kota Malang membuat siswa semakin akrab dengan buku

 

Idha menjelaskan perlombaan digelar untuk memperkuat rasa percaya diri siswa sehingga tidak malu untuk berkarya. "Agar anak-anak mengerti bahwa dengan berkarya mereka dihargai dan kami terus meyakinkan mereka bahwa setiap diri memiliki potensi yang bisa dikembangkan," terangnya.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Kota Malang, Drs. Suyanto, M.Pd mengatakan, melalui momen sumpah pemuda guru MIN 1 Kota Malang mengajarkan arti perbedaan kepada siswa. Dalam ranah Bhineka Tunggal Ika, perbedaan merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang harus disyukuri. "Tujuan agar kita makin mencintai negeri ini. Anak-anak cinta persatuan di tengah kemajemukan dan serta menyadari bahwa kebergaman menjadi kekayaan luar biasa sebagai anugerah dari Allah kepada bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Ia menegaskan, dengan ikrar yang dibacakan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, menandakan kesiapan dan janji pemuda untuk mengawal sebaik-baiknya perjuangan para pahlawan. “Ikrar itu menjadi tekad bersama untuk mewujudkan Indonesia ini menjadi negeri yang damai, sejahtera dan mejadi motor penggerak ke arah kemajuan,” pungkasnya. (imm/adv/Malangpostonline.com)

  • Editor : imm
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU