Young Tech Expo 2019, Prodi Informatika UMM Buka Peluang Kolaborasi

  • 25-12-2019 / 01:49 WIB
  • Kategori:Advertorial
Young Tech Expo 2019, Prodi Informatika UMM Buka Peluang Kolaborasi

Malangpostonline.com – Teknologi informasi menjadi ujung tombak segala bidang kehidupan di era disrupsi seperti sekarang ini. Untuk itu, Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menangkap potensi tersebut dengan membuka ruang kolaborasi selebar-lebarnya dengan seluruh pihak.

Hal tersebut diwujudkan dengan gelaran acara Young Tech Expo 2019 bertajuk Woman and Technology, di Hall Kantin Teknik UMM, Sabtu (21/12) pagi . Dibuka langsung oleh Wakil Dekan 2, Dr. Lailis Syafa’ah, M.T, ada sebanyak 137 tenant dan lebih dari 400 mahasiswa berpartisipasi dalam acara tersebut.

Mereka menampilkan beragam produk dan jasa di bidang teknologi informasi. Tak hanya itu, ada juga tenant di bidang kewirausahaan berupa produk makanan, produk perangkat lunak hingga berbagai jasa.

Seluruh produk dan jasa yang dipamerkan merupakan hasil karya original mahasiswa akhir perkuliahan, seperti artificial intelligence, penulisan ilmiah dan kewirausahaan berbasis teknologi.

Salah satu tenant dari matakuliah kewirausahaan berbasis teknologi binaan Galih Wasis Wicaksono, M.Cs. dan Zamah Sari, M.T., yang cukup menarik adalah Training E-Sport.

Jenis usaha yang digagas oleh mahasiswa prodi Informatika semester 3 dan 5 ini menyediakan jasa pelatihan bagi pemula yang ingin menjadi pemain e-sport handal dan profesional. Selain itu, ada juga tenant yang sudah menjalin kemitraan dengan beberapa klien, OFLITE.

Perwakilan OFLITE, Yusril menjelaskan bahwa mereka menjual produk berupa aplikasi kasir bagi kafe yang saat ini sedang menjamur di Malang. Produk yang mereka hasilkan dibandrol dengan harga Rp. 7 Juta untuk setiap kafe. Produk lain yang dipamerkan dalam event ini ialah produk dari mata kuliah Artificial Intelligence (AI) binaan Agus Eko Minarno, M.Kom., ada lebih dari 30 tenant yang berpartisipasi.

“Sebagian besar produk mahasiswa sudah sangat baik, mereka mampu menerapkan teori machine learning dan deep learning serta mengimplementasikan pada kasus-kasus yang juga menarik, misalkan menggunakan dataset dari Cifar 10 dan kaggle, menggunakan Convolutional Neural Network untuk mendeteksi penyakit pneumonia, kanker kulit dll, komputasi yang mereka lakukan juga cukup kompleks, dataset yang digunakan bisa mencapai 1 juta data” ungkap Agus Eko.

Tak kalah canggih, teknologi besutan Billy Aprilio, Yasril Imam dan Ulfah Nur Oktaviana yakni Integrated Forest Fire Management System, sebuah gagasan futuristik sistem yang mampu melakukan penanggulangan kebakaran hutan.

“Cara kerja sistem ini adalah dengan memanfaatkan sensor LM35 dan sensor Flame menggunakan Artificial Intelligence sebagai pemroses data,” ungkap Billy. Inputan yang didapatkan dari sistem ini berupa temperatur suhu dan nyala api.

“Ketika terjadi kebakaran, maka sensor akan mendeteksi secara otomatis. Selanjutnya, sistem akan memberikan perintah untuk memompa air dan menyemprotkan ke titik terjadinya kebakaran. Di mana air didapatkan dari teknologi pemanen embun menggunakan jaring atau Fog Harvesting” tambahnya. Produk Billy dan kawan-kawan adalah salah satu produk mata kuliah penulisan ilmiah binaan Nur Hayatin, M.Kom.

Salah satu perwakilan panitia penyelenggara, Galih Wasis Wicaksono, M.Kom., menjelaskan bahwa Young Tech Expo 2019 adalah event tahunan yang diselenggarakan Prodi Informatika. “Kegiatan ini membuka peluang kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen atau bahkan lintas Prodi dan Fakultas, sehingga keilmuan, wawasan dan pengalaman mahasiswa semakin kaya, untuk menyongsong internasionalisasi Prodi yang sudah didepan mata. Hal ini sejalan dengan visi dan misi program studi informatika UMM yakni pada tahun 2030 menjadi program studi bertaraf internasional di bidang informatika dan berlandaskan pada nilai-nilai Islam” tegasnya disela-sela kegiatan. (adv/bua/malangpostonline.com)

  • Editor : bua
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Buari
  • Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU