Tahun 2019 Penuh Prestasi, Unikama Semakin Mantab Menatap Masa Depan

  • 01-01-2020 / 17:48 WIB
  • Kategori:Advertorial
Tahun 2019 Penuh Prestasi, Unikama Semakin Mantab Menatap Masa Depan KOMPAK: Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si (kiri) bersama Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Wakil Rektor II Henny Leondro, S.Pt., MP., Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum dan Wakil Rektor IV Umiati Jawas, Ph.D. 

Malangpostonline.com - Tidak mudah bagi suatu lembaga atau instansi untuk bangkit dari keterpurukan. Dibutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat untuk kembali ke kondisi normal bahkan untuk menjadi lebih baik. Tapi tidak dengan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), yang selama tahun 2019 mampu mendongkrak eksistensinya dengan berbagai prestasi membanggakan. 

Di tahun 2018 Unikama mengalami ujian yang tidak ringan. Problem internal yang melanda kampus ini, membuat performa di banyak bidang menurun. Akan tetapi, dibawah komando Dr. Pieter Sahertian, M.Si selaku rektor, dan kerja keras semua unsur pimpinan dan civitas akademika, Unikama berhasil bangkit dan mampu mempersembahkan berbagai prestasi. 

Prestasi yang membanggakan tersebut antara lain,Unikama menjadi peringkat ke 53 Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat Versi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

AKRAB: Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si saat berbincang akrab dengan 
Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum dan Kepala Humas Unikama Retno Wulandari., SE., M.SA., Akt., ACPA

 

Dan berdasarkan peringkat perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Unikama berada di peringkat 137 dan naik dari kluster Madya ke Utama. 

Selain itu Tim Pengabdian Masyarakat Unikama masuk ke dalam peringkat lima besar untuk pengabdian masyarakat di tingkat LLDIKTI wilayah VII Jawa Timur dan Pengabdian Masyarakat Nomor 2 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Malang. Dan di wilayah LLDIKTI Wilayah VII di peringkat lima besar tersebut, Unikama berhasil bertengger di peringkat ke dua.

Deretan prestasi tersebut bukan dicapai dengan mudah. Dibutuhkan upaya ekstra dan kerja keras semua elemen kampus. Termasuk meningkatkan sinergitas Unikama dengan berbagai pihak sebagai mitra kerjanya. 

Hal tersebut diungkapkan Rektor Unikama Dr. Pieter Sahertian, M.Si saat ditemui awak media beberapa waktu yang lalu. "Dalam situasi sulit di tahun 2018 kita mampu meningkatkan hasil kinerja yang baik di 2019. Baik perankingan perguruan tinggi maupun klasterisasi lembaga penelitian," ungkapnya, kepada Malangpostonline.com. 

Pieter berharap pencapaian tersebut mampu menjadi motivasi kampus Unikama untuk semakin bersinar di tahun-tahun berikutnya. "Terutama di bidang penelitian dan publikasi  akan terus kita dorong agar semangat dosen dan mahasiswa terus meningkat," imbuhnya. 

Menurut Pieter, Unikama telah melakukan banyak upaya agar semua sektor mengalami kemajuan. Terutama sektor yang melingkupi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Untuk menunjang pencapaian tersebut, diperlukan SDM yang berkualitas dan berkompeten. "Caranya kita dorong dosen-dosen untuk mengambil dan menyelesaikan program S3. Karena wacana dosen minimal harus doktor itu sudah mulai dimunculkan," kata dia.  

Wakil Rektor I Unikama Dr. Sudi Dul Aji, M.Si menambahkan, dari aspek akademik Unikama juga menunjukkan kemajuan di tahun 2019. Yakni meningkatnya jumlah publikasi dosen dan diantaranya telah terindex dengan cukup baik. 

Sedangkan dari aspek institusi Unikama dipercaya untuk mengelola PPG. Karena tidak semua universitas diberikan kesempatan tersebut. Sejak tahun 2018 hingga saat ini sudah ada lima angkatan mahasiswa dalam program tersebut. "Ini kami anggap sebagai prestasi, dalam menunjang mahasiswa sebelum menjadi guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik," katanya.

Selain itu di bidang pendidikan dan pengajaran juga ada peningkatan program. Unikama mendorong masing-masing prodi untuk menggunakan jaringan online. Di semester lalu sudah ada tiga mata kuliah dari masing-masing prodi yang menerapkan pengajaran dengan sistem online. "Selanjutnya akan kita tingkatkan. Minimal lima puluh persen dari setiap prodi. Meskipun tetap harus ada tatap muka, tapi harus ada penugasan penugasan melalui online," terangnya. 

Sementara itu, prestasi Unikama di bidang kemahasiswaan juga tak kalah hebat. Tahun 2019 banyak mahasiswa yang menorehkan prestasi di ajang regional dan nasional. Baik bidang penalaran maupun bakat dan kreativitas. 

Dalam hal ini Wakil Rektor 3 Unikama Wakil Rektor III Unikama, Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum menyebutkan, setidaknya ada 15 kejuaraan tingkat nasional dan delapan prestasi tingkat regional. Peningkatan prestasi tersebut karena adanya terobosan yang dilakukan bidang kemahasiswaan untuk mendongkrak semangat mahasiswa berprestasi. "Tahun depan Unikama telah mempersiapkan atlet-atlet yang digadang untuk menorehkan prestasinya di tingkat internasional," katanya. 

Beberapa prestasi mahasiswa yang berhasil diraih selama tahun 2019, antara lain empat kejuaraan di bidang Program Kretivitas Mahasiswa (PKM) yang digelar oleh Mesristek Dikti. Bidang TIK yang digelar Pemkot Malang, Futsal Putri yang digelar POMNAS, Lomba Vlog yang digelar Vokasi UNS, Lomba Video Kreatif yang digelar UNJ, Media Pembelajaran MTK yang digelar Universitas Ahmad Dahlan. 

Seluruh prestasi tersebut diraih di tingkat nasional. Sementara masih ada puluhan prestasi lain yang dicapai mahasiswa di tingkat regional dan lokal. (imm/adv/Malangpostonline.com)

  • Editor : imm
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU