Gelar Competition Day, SDIS Kembangkan Potensi Siswa TK

  • 20-01-2020 / 21:30 WIB
  • Kategori:Sekolah
Gelar Competition Day, SDIS Kembangkan Potensi Siswa TK SELAMAT: Kepala SD Islam Sabilillah Malang, Nunik S. Hariarti, M.Pd., bersama para wakil kepala sekolah menyerahkan piala juara umum kepada TK Muslimat NU 12.

Malangpostonline.com - Competition Day Sekolah Dasar Islam Sabilillah (SDIS) Malang sukses digelar. Ajang kompetisi siswa TK/RA/BA se Malang Raya tersebut dilaksanakan dua hari mulai 18 sampai 19 Januari 2019 dan diikuti oleh 437 peserta dari 37 sekolah. Competition Day digelar dengan tujuan untuk mengasah bakat siswa TK se derajad dari berbagai sisi.

Kepala SD Islam Sabilillah Malang, Nunik S. Hariarti, M.Pd., mengatakan Competition Day merupakan agenda tahunan SD Islam Sabilillah dalam mewadahi potensi siswa TK untuk semakin berkembang. “Tujuan pelaksanaan kegiatan competition day adalah sebagai wadah untuk mengasah bakat minat anak-anak, baik dalam aspek fisik motorik, seni, maupun kognitif,” terangnya.

Nunik melajutkan, pengembangan bakat dan kreativitas salah satunya melalui beberapa cabang lomba yang diselenggarakan oleh SD Islam Sabilillah, yang dikemas dalam kegiatan competition day. Antara lain futsal diikuti sebanyak 14 tim, salat berjamaah 12 tim, huruf Hijaiyah 20 tim, matematika kreatif 31 tim, mewarna 25 peserta, hafalan doa sehari-hari 35 peserta dan hafalan surat pendek 64 peserta.

Hari pertama hanya digelar lomba futsal. Sedangkan di hari kedua dilanjutkan dengan keseluruhan lomba. “Melalui kegiatan kompetisi ini, diharapkan dapat tersemaikan karakter  sportifitas, saling menghargai, serta motivasi unggul sejak dini pada diri anak,” jelasnya.

Dari setiap lomba telah ditentukan juara 1, 2, 3 dan harapan. Adapun juara umum competition day tahun ini berhasil diraih oleh TK Muslimat NU 12. Dengan demikian TK tersebut mendapatkan piala bergilir dan uang pembinaan sebesar dua juta rupiah. “Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk meraih prestasi,” imbuhnya.

Competition day juga menjadi ajang ekspresi seni bagi siswa-siswi SD Islam Sabilillah sendiri. Mereka mendapat kesempatan untuk unjuk bakat dan kemampuan mereka dalam bidang kreativitas.

Dalam kesempatan tersebut siswa-siswi hebat SD Islam Sabilillah menampilkan seni orkestra yang menjadi salah satu program unggulan dari bidang esktrakurikuler. Dengan memainkan alat musik biola, para siswa tampil begitu mempesona di hadapan ratusan peserta competition day saat acara pembukaan.

Selain itu penampilan lemah gemulai nan cantik juga ditunjukkan oleh para siswa dari bidang seni tari. Dengan ini mereka membuktikan diri akan kecintaannya terhadap budaya bangsa.

Dan yang tak kalah hebat, kecintaan pada Tanah Air dengan jiwa patriotisme turut diperlihatkan oleh siswa-siswi yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Penampilan mereka yang gagah dan berwibawa menjadi cerminan pribadi yang disiplin dan bertanggungjawab anak-anak SD Islam Sabilillah.

Hal tersebut selaras dengan tema yang diusung dalam kegiatan Competition Day tahun 2020 yakni Unggul dan Berkarakter. Sesuai dengan ciri khas SD Islam Sabilillah yang memiliki delapan program unggulan. Yakni pendidikan karakter, program maqoman mahmudah, every day with Alquran, super skills, we can speak, sekolah para juara, program semerbak (sehat, menyenangkan, rapi, bersih dan berkarakter) serta program kebangsaan.

Program-program hebat tersebut pada pekan ini ditawarkan kepada masyarakat, yang dalam hal ini SD Islam Sabilillah membuka Pendaftaran Siswa Baru Secara Online, mulai tanggal 20 sampai 28 Januari 2020. Di web psb.sekolahsabilillah.sch.id. (imm)

  • Editor : imm
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU