Al-Kautsar Perkuat Sekolah Akhlak Dengan Tahfidz Quran

  • 21-02-2020 / 19:46 WIB
  • Kategori:Sekolah
Al-Kautsar Perkuat Sekolah Akhlak Dengan Tahfidz Quran GENERASI QURANI: Siswa-siswi Sekolah Akhlak Al-Kautsar dalam acara wisuda Al-Quran.

Malangpostonline.com – Sekolah yang ideal dan menjadi impian setiap orang tua adalah sekolah yang memberikan rasa aman terhadap anak didiknya. Di sekolah tersebut para siswa dapat belajar dengan tenang, tanpa ada rasa takut akan terjadinya kekerasan. Baik kekerasan fisik maupun mental.     

Pendidik maupun tenaga kependidikan benar-benar berupaya membuat lingkungan sekolah bersih dari sikap bulying dan sejenisnya. Kondisi aman dan nyaman tersebut hanya bisa diciptakan oleh sekolah yang benar-benar menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah. 

Yayasan Pelita Hidayah yang menaungi tiga lembaga, mengusung sistem pendidikan dan pengajaran berkonsep Sekolah Akhlak. Yaitu KB-TK Plus Al-Kautsar, SD Plus Al-Kautsar dan SMP Plus Al-Kautsar. 

Nama Sekolah Akhlak bukan sekedar jargon atau motto semata. Sebelum mencanangkan diri sebagai Sekolah Akhlak, lembaga-lembaga Al-Kautsar telah melakukan banyak proses dan tahapan. Perbaikan dan peningkatan mutu dari segala lapisan unsur pendidikan dan tenaga kependidikan, serta program-program penunjang telah dipersiapkan dengan matang. 

Sehingga Al-Kautsar benar-benar siap dan 'pantas' disebut sebagai Sekolah Akhlak. "Ini bukan jargon semata, menjadi Sekolah Akhlak harus benar-benar sesuai dengan namanya, budaya dan mutu semuanya merepresentasikan akhlak yang baik," ucap Dr. Diah Saptorini, SE., M.Pd., beberapa waktu yang lalu saat sebagai Kepala SD Plus Al-Kautsar. 

Rini sapaan akrabnya, kini menjabat sebagai Kepala BSPP (Badan Standarisasi Pelaksana Pendidikan) Yayasan Pelita Hidayah. Menyikapi segala permasalahan yang terjadi di lingkungan pendidikan akhir-akhir ini, salah satunya tentang kekerasan pada anak, ia menyimpulkan bahwa jawabannya adalah akhlak. "Maka pada akhirnya sekolah akhlak lah jawabannya," ujar Rini,  kepada Malangpostonline.com. 

Ia menjelaskan Sekolah Akhlak yang menjadi branding Lembaga Al-Kautsar, mulai KB-TK, SD dan SMP Plus Al-Kautsar mempunyai empat keunggulan. Semuanya menjadi satu rumusan yang saling melengkapi dan menguatkan dalam proses pembentukan generasi yang unggul berakhlakul karimah. "Empat keunggulan itu adalah Tahfidz Quran, Multiple Intelegent, Literasi Digital dan Bilingual," paparnya. 

Tahfidz Qur'an menjadi keunggulan yang pertama. Siswa-siswi Al-Kautsar mendapat pembinaan pendidikan Alquran secara sistematis dan berkelanjutan dari tingkat KB-TK. 

Rini mengungkapkan, meskipun bernama Tahfidz Qur'an, program hafalan di sekolah Al-Kautsar hanya dibatasi lima juz hingga tingkat SMP. Mungkin tidak sama dengan sekolah atau lembaga lain yang terus mendrill siswanya hingga hafal berjuz-juz. "Karena kami tidak sekedar hafal tetapi juga menekankan pada aplikasi, memahami arti dan pelaksanaannya. Untuk apa banyak kalau hanya sekedar dihafalkan," tuturnya. 

Di tingkat KB-TK belum ada pembelajaran baca tulis. Sehingga materi Alquran pun tidak ada baca Alquran. Maka dari itu pelajaran Alquran di KB- TK Plus Al-Kautsar ditekankan pada hafalan. "Karena daya hafal anak di usia golden kid sangat tinggi. Sampai usia delapan tahun. Maka perlu kita maksimalkan dengan menghafal," tuturnya. 

Dra. Mufathonah, M.KPd yang juga menjadi bagian dari BSPP Yayasan Pelita Hidayah menambahkan, materi baca tulis dimulai kelas 1 SD. Maka pelajaran membaca Alquran dilaksanakan sejak saat itu. "SD kelas 1, 2 dan 3 belajar tahsin dan tartil, kelas 4, 5, 6 khotam Alquran 30 juz, sedangkan SMP belajar tartil, tajwid dan gharib," paparnya. 

Saat tingkat TK hafalan difokuskan pada juz 30, dilanjutkan ke tingkat SD menghafal juz 29 dan juz 1 selanjutnya di SMP hafalan dilanjutkan pada juz 2 dan 3 serta turjuman. 

Turjuman adalah menterjemahkan bacaan Alquran dan salat. "Anak-anak kami di SMP Plus Al-Kautsar sudah mengerti makna dan bacaan salat. Sehingga pada saat di SMA nanti sudah pada tingkatan filsafatnya. Maka Alquran harus tuntas di SMP sampai turjuman," tandasnya. (imm)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

  • Editor : imm
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU