Pelaku Gendam Kalipare, Juga Pernah Beraksi di Singosari

  • 14-01-2020 / 17:14 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Pelaku Gendam Kalipare, Juga Pernah Beraksi di Singosari Tersangka Sri Utami ketika menjalani pemeriksaan di Polsek Kalipare.

Malangpostonline.com - Sri Utami, warga Dusun Jakan, Desa Jedih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, yang ditangkap Polsek Kalipare pada Senin (6/1), karena mencuri dengan modus gendam, ternyata juga menjadi buruan Polsek Singosari. Wanita berusia 31 tahun ini, sebelumnya diduga juga pernah beraksi di wilayah Singosari.

"Melihat ciri-ciri serta modus operandinya hampir sama. Namun kami masih akan koordinasikan dengan Polsek Kalipare, untuk mengembangkan kasusnya," ujar Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono.

Di Singosari, Sri Utami dan komplotannya beraksi pada pertengahan bulan September 2019. Pelakunya berjumlah tiga orang. Dua pelaku adalah laki-laki, sedangkan satu lagi adalah perempuan.

Mereka memperdayai Nuryatin, 66, warga Jalan Kertarejasa Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari. Akibatnya, nenek 14 cucu ini pun mengalami kerugian lebih dari Rp 100 juta.

Modusnya sama, yakni berpura-pura membeli. Kemudian dengan modus gendam, pelaku menguras uang hasil penjualan di laci. Kasusnya saat itu, juga sudah dilaporkan ke Polsek Singosari.

Kapolsek Kalipare, AKP Yusuf Suryadi, dikonfirmasi mengaku masih mengembangkan kasusnya. Terkait dengan TKP pencurian lain, masih didalami. Karena pengakuan tersangka baru sekali saja.

"Kami akan dalami dulu. Karena hasil pemeriksaan sebelumnya, mengaku kalau baru sekali saja beraksi. Namun bisa kemungkinan aksinya lebih dari sekali," jelas Yusuf.

Sementara, untuk pelaku lainnya yakni Sugianto, yang diakui suami tersangka Sri Utami, masih diburu. Polisi yang sudah mengantongi identitasnya, masih menyelidiki keberadaanya.

"Untuk pelaku yang kabur masih kami buru. Kami sudah berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Malang, untuk memburunya," tegas mantan Kapolsek Tumpang ini.

Sekadar diketahui, tersangka Sri Utami, diamankan Polsek Kalipare, saat beraksi di Dusun Kedungwaru, Desa Arjosari, Kecamatan Kalipare. Korbannya, Nina Ike Ira Kurniawati, 26, warga sekitar. Tersangka serta suaminya yang buron, mencuri di toko pracangan milik korban.

Modusnya berpura-pura belanja beberapa kebutuhan, seperti telor dan lainnya. Total belanjanya sebesar Rp 1 juta, dan dibayar langsung oleh tersangka.

Setelah membayar semua belanja, tersangka Sri Utami tidak langsung pergi. Melainkan mengajak korban ngobrol. Bahkan sempat menumpang ke kamar mandi. Sedangkan suami sirinya, berjaga di atas motor.

Upaya tersangka mengajak ngobrol itu, ternyata bagian dari strategi gendamnya untuk membuat tidak sadar. Begitu korban sudah dibuat tidak berdaya, tersangka langsung mengambil uang sebesar Rp 65 juta di dalam laci.

Begitu mendapatkan uang, tersangka lantas buru-buru kabur dengan naik motor. Beruntung, korban yang cepat sadar langsung mengejar dan menarik tubuh tersangka Sri Utami, hingga jatuh dari motor. Sedangkan pelaku laki-laki berhasil kabur.(agp)

  • Editor : agp
  • Uploader : slatem
  • Penulis : agp
  • Fotografer : agp

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU