Pakai Ganja, Mahasiswa Ditangkap Polisi

  • 21-02-2020 / 16:08 WIB
  • Kategori:Hukum Kriminal
Pakai Ganja, Mahasiswa Ditangkap Polisi DIAMANKAN: Pengedar dan pembeli narkoba diamankan polisi, Jumat (21/2).

Malangpostonline.com - Satuar Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Malang Kota mengamankan dua orang mahasiswa yang mengedarkan ganja, yakni FIP, 23 warga Lowokwaru dan AKW alias Frank, 20 warga Poncokusumo, Kabupaten Malang. Narkotika golongan I itu didapat dari Medan dan dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Selain pengedar, polisi juga menangkap dua orang pembeli ganja.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengungkapkan, penangkapan tersebut dilakukan ketika sedang melakukan transaksi di salah satu kantin perguruan tinggi negeri pada 14 Februari 2020. "Pertama, kami menangkap FIP ketika dia sedang transaksi. Kemudian, petugas melakukan pengembangan dan menangkap tiga tersangka lainnya," terang dia.

Saat itu, FIP memesan ganja sebanyak 1 kilogram dari Medan. Ganja dibeli dengan harga Rp 6,5 juta yang kemudian dikirim memanfaatkan jasa ekspedisi ke Kota Malang.

"Setelah pengiriman ganja tiba di Malang, tersangka FIP meminta tersangka AKW untuk mengambilnya. Kemudian ganja 1 kilogram dipecah oleh tersangka FIP sebanyak 3/4 atau sebanyak 750 gram yang kemudian dijual kepada AKW alias Frank," kata dia.

Leonardus menambahkan, tersangka FIP mendapatkan uang sebanyak Rp 13,2 juta dari penjualan 1 kilogram ganja tersebut.  "Tersangka FIP mengakui baru satu kali ini mengedarkan ganja," tegas Leo.

Setelah itu, ganja tersebut dijual lagi kepada ASY alias Aco, 24 warga Surabaya yang menetap di kawaaan Simpang Dieng Utara, Kota Malang. "Setelah mendapat keuntungan, FIP kembali memesan ganja di Medan. Kemudian, dijual kepada satu orang lagi, yakni Agam, 23, mahasiswa asal Tangerang yang tinggal di wilayah Lowokwaru, Kota Malang seberat 9,16 gram," jelas dia.

Atas perbuatannya itu, keempat teraangka harus mempertanggungkawabkan perbuatannya. Untuk tersangka FIP dan AKW kita jerat dengan Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 karena memiliki dan mengedarkan narkotika jenis ganja. "Sementara untuk tersangka ASY dan Agam kita kenakan Pasal 111 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 karena memiliki dan membeli narkotika jenis ganja," tandas dia.(tea)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

  • Editor : tea
  • Uploader : rois
  • Penulis : tea
  • Fotografer : Firman

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU