37 Ribu TKI Pulang di Tengah Wabah Corona

  • 07-04-2020 / 12:01 WIB
  • Kategori:Nasional
37 Ribu TKI Pulang di Tengah Wabah Corona Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Malangpostonline.com - Puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pulang secara mandiri ke Indonesia selagi pemerintah bersiap menjemput mereka di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menuturkan dari laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini telah ada 37.222 pekerja migran yang pulang ke Indonesia.

"Sampai saat ini sudah mencapai 37.222 orang dengan berbagai tujuan," kata Yudo melalui pesan singkat, Selasa (7/4).

Yudo menambahkan pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan kapal milik TNI angkatan laut di perairan Batam, untuk menjemput para pekerja migran tersebut.

Selain itu pemerintah juga berencana melakukan tes kesehatan terhadap para pekerja migran untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona.

Bagi mereka yang terpapar Covid-19, pemerintah sedianya telah menyiapkan Rumah Sakit Darurat Pulau Galang sebagai tempat isolasi.

"Masalahnya mereka sudah pulang ke daerahnya masing-masing," kata Yudo, dikutip dari CNN Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan memantau kepulangan para pekerja migran dari Malaysia untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta kesadaran para WNI yang tengah berada di Malaysia agar tak pulang ke Indonesia. Imbauan disampaikan untuk melindungi mereka dan masyarakat dari penularan wabah virus corona.

"Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi warganya sekaligus meminta kesadaran WNI untuk sementara tidak kembali ke Indonesia dalam situasi masih tingginya penyebaran Covid-19 di Indonesia," kata Muhadjir melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (2/4). (tst/wis/cnn/bua)

 

 

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

  • Editor : bua
  • Uploader : rois
  • Penulis : CNN
  • Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU