MTs Hidayatul Mubtadi'in Semakin Dipercaya Masyarakat

  • 12-01-2020 / 17:04 WIB
  • Kategori:Advertorial
MTs Hidayatul Mubtadi'in Semakin Dipercaya Masyarakat MOTIVASI: Kepala MTs Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu, Drs. M. Sairozi, M.Pd., memberikan arahan kepada peserta tryout saat apel pagi

Malangpostonline.com - Ratusan siswa SD/MI hari ini mengikuti kegiatan try out Ujian Nasional di MTs Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu. Jumlah peserta yang di awal hanya dibatasi 500 siswa, ternyata tak terbendung, hingga jumlahnya hampir mencapai 550 peserta. 

Respon masyarakat terhadap kegiatan tersebut cukup tinggi, terutama mereka yang memiliki putra-putri yang kini duduk di kelas VI SD/MI. Pihak MTs Hidayatul Mubtadi'in sebagai penyelenggara pun tak kuasa menolak permintaan masyarakat, meskipun jumlah peserta sudah memenuhi target. 

KOMPAK: Ketua Yayasan Hidayatul Mubtadi'in Nur Laila Mahfudz, S.Ag. bersama Kepala MTs Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu, Drs. M. Sairozi, M.Pd., dan para guru

 

Kepala MTs Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu, Drs. M. Sairozi, M.Pd., mengatakan, walaupun target peserta sudah tercapai pihaknya masih memberikan kesempatan bagi mereka yang berkenan ikut. "Sebenarnya sudah kami tutup (pendaftaran), tapi ternyata masyarakat sangat antusias, kasian kalau kita tolak, meskipun kita harus menyiapkan naskah soal dan LJK (Lembar Jawab Komputer) nya," ujar Rozi, sapaan akrabnya kepada Malangpostonline.com. 

PROFESIONAL: Seorang guru MTs Hidayatul Mubtadi'in sedang mendampingi peserta try out dengan penuh perhatian 

 

Try Out UN SD/MI digelar rutin setiap tahun oleh MTs Hidayatul Mubtadi’in. Kegiatan ini selalu dilaksanakan dengan sangat profesional dan memberikan kenyamanan bagi peserta. Tak heran jika respon masyarakat atau SD/MI sekitar cukup tinggi untuk melibatkan anak didiknya pada kegiatan tersebut. 

Selain sistemnya yang tertib, soal-soalnya juga bermutu dan up to date. Karena dalam pelaksanaan try out ini MTs Hidayatul Mubtadi'in bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Airlangga. "Jadi kami tidak main-main, karena ini berkaitan dengan masa depan anak-anak yang sebentar lagi mereka akan menghadapi ujian nasional," katanya. 

Kegiatan try out diawali dengan apel pagi Pukul 07.00 WIB. Kepada para peserta Rozi menghimbau agar dapat memaksimalkan momentum try out ini semaksimal mungkin. Sebagai ajang latihan dan mempelajari model-model soal ujian. "Pahami soal dengan baik dan jangan buru-buru menjawab sebelum benar-benar dipahami," kata dia. 

KONSENTRASI: Sebagian peserta juga mengerjakan soal try out di ruang lab komputer MTs Hidayatul Mubtadi'in didampingi para pengurus OSIS

 

Sebelum menjawab soal, seluruh peserta dibimbing untuk membaca doa dan salawat nariyah bersama. Seluruh kelas terdengar menggema dengan bacaan salawat nabi yang menyejukkan hati pendengarnya. 

Setelah itu, siswa dipersilahkan menjawab soal selama 120 menit. Jumlah soal sebanyak 100. Terdiri dari soal matematika 30 soal, IPA 30 soal dan Bahasa Indonesia 40 soal.

Adapun para peserta try out tahun ini merupakan siswa-siswi SD/MI yang ada dilingkungan Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Karangploso. Mereka diundang dalam kegiatan try out ini untuk semakin mengenal MTs Hidayatul Mubtadi’in yang ada di Jalan KH. Yusuf Tasikmadu. “Karena kami memiliki program-program unggulan untuk mendidik siswa menjadi pelajar yang berkualitas dalam bidang akademik, lebih-lebih pada penanaman nilai-nilai karakter keislaman,” terang Rozi, yang juga dikenal sebagai Mubaligh ini.  

Khusus bagi lima peserta terbaik, MTs Hidayatul Mubtadi’in telah menyiapkan tropi dan bingkisan sebagai apresiasi terhadap prestasi mereka. “Kita sudah siapkan piala dan juga bingkisan berupa peralatan belajar,” kata dia.

Bahkan Rozi menambahkan, peserta terbaik akan mendapat voucher untuk masuk MTs Hidayatul Mubtadi’in secara gratis tanpa dipungut biaya. “Pokoknya kami siapkan yang terbaik bagi peserta, apalagi mereka mau bergabung dengan kami di MTs Hidayatul Mubtadi’in,” tukasnya. 

Sementara para peserta konsentrasi menjawab soal, orang tua mereka menunggu dengan sabar di halaman madrasah. Diantara mereka ada yang asik bercengkrama di serambi musala bersama orang tua lainnya, sambil menikmati hidangan yang disiapkan oleh tuan rumah. 

Titik Wahyuni salah satu dari mereka mengatakan, bahwa ia sudah dua kali mengikutkan anaknya 
kegiatan try out di MTs Hidayatul Mubtadi'in. Menurutnya kegiatan try out sangat membantu anaknya sebagai persiapan menghadapi ujian akhir. "Dan sistemnya disini bagus, anak pertama saya dulu juga saya ikutkan dan sekarang sudah kelas IX di sekolah ini (MTs Hidayatul Mubtadi'in)," katanya. 

MTs Hidayatul Mubtadi’in berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Hidayatul Mubtadiin.  Yayasan ini didirikan oleh Almagfurllah KH. Agus Salim Mahfudz Yusuf atau yang akrab disapa Gus Fud. Menaungi lima lembaga pendidikan, yakni Pondok Pesantren, Taman Kanak-kanan, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsnawiyah dan Madrasah Aliyah  Hidayatul Mubtadiin. (imm/adv)

  • Editor : imm
  • Uploader : slatem
  • Penulis : Imam W.
  • Fotografer : Imam W.

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU